AYO KITA BERBAGI ILMU DAN PENGALAMAN!

Minggu, 19 Februari 2017

Rangkuman standar pelayanan kebidanan ke V-VIII

RANGKUMAN
 TENTANG STANDAR PELAYANAN KEBIDANAN KE V – VIII


Standar V : Kebijakan Dan Prosedur


  • Pengelolaan pelayanan kesehtan memiliki kebijakan penyelenggaraan pelayanan dan pembinaan personil menuju pelyanan yang berkualitas
  • Definisi oprasional 
Ada kebijakan tertulis tentang segala prosedur pelayanan dan standar pelayanan yang sudah di sahkan oleh pimpinan
Ada prosedur rekrukmen tenaga yang jelas
Ada regulasi internal sesuai dengan peraturan yang berlaku untuk mengatur hak dan kewajiban personil
Ada kebijakan dan prosedur dalam pembinaan personil

Standar VI : Pengembangan staff dan program pendidikan


  • Pengelolaan pelayanan kebidanan memiliki program pengembangan staaf dan perencanaan pendidikan sesuai dengan kebutuhan pelayanan kesehatan
  • Definisi operasional

Ada program pembinan staff dan program secara berkesinambungan
Ada program dan orientasi bagi bidan / personil baru dan lama agar dapat beradaptasi dengan pekerjaan
Ada data hasil identifikasi dan hasil evaluasi hasil pelatihan

Standar VII : Standar asuhan


  • Pengolola pelayanan kebidanan mempunyai standar asuhan/ manajemen kebidanan yang di terapkan sebgai pedoman untuk memberikan pelayanan kepada pasien
  • Definisi oprasional

Standar manajemen asuhan kebidanan (SMAK) sebagai acuan
Ada format menajemen kebidanan yang tercatat pada cxatatn medik
Ada pengkajian askeb pada setiap pasien
Ada diagnose kebidanan
Ada rencana asuhan kebidanan
Ada dokumen tertulis tentang tindakan yang dilakuklan bidan
Ada catatan perkembanmgan dalam catatan askeb
Ada evalusiasi dal;am meberikan askeb
Ada dokumentasi untuk manajemen kebidanan

Standar VIII : Evaluasi dan pengendalian mutu


  • Pengelola pelayanan kebidanan memiliki program dam plaksanaan dalam evaluasi dam pengendalian m,utu pelayanan kebideanan yang di lakukan secara kesinambungan

Definisi oprasional
Ada program/ rencanan tertulis tentang peningkatan mutu pelayanan kebidanan
Ada program/ rencanan tertulis tuntuk melakukan penilaian terhadap standar asuhan kebidanan
Ada bukti tertulis tentang evaluasi pelayanan dan rencanan tindak lanjut
Ada bukti tertulis dari risalah rapat sebagai hasil dari kegiatan pengendalian mutu asuhan dan pelayanan kegiatan
Ada laporan tertulus yang di publikasikan secara teratur kepada semua staff pelayanan kebidanan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mari Berbagi Pendapat.